(0362) 28841
kelurahanbanyuasri@gmail.com
Kelurahan Banyuasri

Bulan Bahasa Bali VI tahun 2024 bertema “Jana Kerthi – Dharma Sadhu Nuraga” Sinergi Kelurahan Banyuasri dan Desa adat banyuasri

Admin kelurahanbanyuasri | 02 Maret 2024 | 197 kali

Sabtu (02/3), Bulan Bahasa Bali VI tahun 2024 digelar Pemerintah Kelurahan Banyuasri yang bersinergi dengan Desa Adat Banyuasri yang bertempat di Wantilan Desa Adat Banyuasri, acara dibuka oleh Lurah Banyuasri, Ketut Darmika,S.Pd, dan Kelian Desa Adat Banyuasri, Nyoman Mangku Widiasa.

Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali bertujuan untuk menggugah kesadaran dan kecintaan terhadap Bahasa daerah. Upaya pelindungan dan pelestarian serta pengembangan Bahasa Bali pun dikuatkan dengan regulasi berupa Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali. Selain itu terdapat pula Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali.

Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali tahun ini mengusung Tema “Jana Kerthi – Dharma Sadhu Nuraga”, yang dimaknai Bulan Bahasa Bali menjadi alat pemuliaan Bahasa,Aksara,dan Sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan, dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri krama Masyarakat Bali.